Indonesia Masuk Top 10 Negara di Dunia Pantas Dikunjungi 2019

Sejumlah Biksu Buddha dari luar negerisedang berwisata di Borobudur. (Foro: Febrianti/ JurnalisTravel.com)

SITUS Lonely Planet (lonelyplanet.com) memasukan Indonesia ke dalam daftar 10 negara di dunia yang pantas dikunjungi turis pada 2019.

“Prepare to re-write your bucket list (Bersiaplah menulis ulang daftar Anda),” kata situs tersebut. “Lonely Planet’s intrepid team have selected the 10 best countries to visit in 2019 (Tim pemberani Lonely Planet telah menyeleksi 10 negara terbaik untuk dikunjungi pada 2019).”

Yang mengejutkan, Indonesia masuk ke dalam daftar ini dan berada pada urutan ke-7.

Postingan Lonely Planet berupa video tersebut menampilkan bagian Indonesia dengan memuat gambar panorama Raja Ampat di Papua Barat, sawah dengan padi hijau nan asri di Bali, komodo Flores yang sedang menjulurkan lidahnya, dan deretan patung Buddha di Candi Borobudur.

Yang menarik, Sri Langka, negara tetangga India di Asia Selatan, bertengger di puncak sebagai nomor satu yang disarankan. Sedangkan Republik Demokratik São Tomé dan Príncipe, negara yang mungkin tidak banyak orang tahun juga masuk daftar, meski pada urutan ke-9.

Sao Tome adalah negara terkecil di Afrika. Letaknya 250 km dari Samudra Atlantik.

Negara kecil lainnya yang masuk adalah Belize di urutan buncit. Negara yang berada di pesisir timur Amerika Tengah ini berbatasan dengan Meksiko dan Guatemala.

Berikut daftar lengkap ke-10 negara.

  1. Sri Langka
  2. Jerman
  3. Zimbabwe
  4. Panama
  5. Kirgizstan (Republik Kirgiz)
  6. Yordania
  7. Indonesia
  8. Belarusia
  9. Sao Tome & Principe
  10. Belize

Mudah-mudahan masuknya Indonesia ke daftar ini ikut mendokrak kunjungan turis asing ke Indonesia. (*)