Yuk, Bikin Kopi Rarobang dari Ambon

Kue kenari renyah makanan khas Ambon menemani secangkir kopi Rarobang. (Foto: Febrianti/ JurnalisTravel.com)

TERKADANG kopi tidak cukup hanya langsung diseduh dengan air. Ada cara lain yang membuat rasa secangkir kopi lebih kaya, misalnya kopi aroma rempah. Salah satu kopi aroma rempah ini adalah kopi Rarobang dari Ambon.

Minuman kopi yang unik ini pertama kali saya ketahui dari postingan Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang memposting di Instagramnya @triawanmunaf.

Ayah Sherina Munaf yang juga pencinta kopi ini juga memposting resep Kopi Rarobang dengan detil dan juga mendemonstrasikan cara membuatnya lewat video pendek.

Saya jadi kepingin ikut mencoba. Kopinya terlihat sangat unik, karena di atasnya ada taburan kenari. Kebetulan saya punya kenari baru dapat oleh-oleh dari Ambon. Langsung eksekusi karena bahan lainnya tersedia.

Saya memakai kopi arabika Baliem dari Papua, biar kopinya makin rasa timur Indonesia. Tiga sendok kopi bubuk arabika ditambah sepotong jahe segar yang dimemarkan. Selain itu cengkeh, kayu manis, daun pandan, gula pasir dicampur menjadi satu, tambahkan air dan direbus bersama hingga menggelegak.

Tujuh bahan dicampur dengan air lalu dimasak hingga menggelegak. (Foto: Febrianti/ JurnalisTravel.com)

Wow, aromanya sungguh luar biasa unik. Aroma kopi arabika, jahe, pandan, dan rempah-rempah meruap dari kopi yang menggelegak.

Rebusan ramuan ini lalu disaring dan dituangkan ke cangkir. Lalu ditaburi kenari sangria yang dicincang kasar di atasnya. Saat saya sesap rasanya sedap dengan aroma rempah yang luar biasa wangi.

Ini contekan resep aslinya:

Bahan Kopi Rarobang:

750 ml air
3 sdm kopi bubuk
5 cm jahe, memarkan
1 cm kayumanis
3 btr cengkih
1 lbr daun pandan, potong-potong
150 g gula pasir
100 g kenari sangrai, cincang kasar

Cara Membuat Kopi Rarobang:

  1. Campurkan bahan – bahan seperti kopi bubuk, jahe, kayumanis, cengkih, daun pandan, dan gula pasir kedalam air lalu rebus sampai mendidih.
    2. Angkat rebusan tersebut lalu saring airnya.
    3. Kopi Rarobang siap untuk disajikan selagi panas. Sebagai pelengkap taburkan kenari yang disangrai di atasnya.
  • Bahan di atas untuk membuat 5 porsi Kopi Rarobang.

Selamat menikmati.

(Febrianti/ JurnalisTravel.com)