Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara, Ikon Baru Purwakarta

Air Mancur Taman Sri Baduga, Purwakarta saat diresmikan. (Foto: Kemenpar)

JAKARTA—Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat bakal terkenal dengan ikon pariwisata barunya yang spektakuler, air mancur yang disebut terbesar di Asia tenggara.

Air Mancur Taman Sri Baduga, karena berada di Taman Sri Baduga, diresmikan Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, Jumat (6/1/2017).

Air Mancur Taman Sri Baduga, demikian dikutip siaran pers Kementerian Pariwisata, merupakan pengembangan dari Situ Buleud yang dibangun sejak 2013 dan mulai diresmikaan tahap pertama pada Januari 2014.

“Keberadaan Taman Sri Baduga ini melengkapi Purwakarta sebagai destinasi 1.000 Taman dari yang  tradisional seperti Taman Pesanggrahan Padjajaran sampai dengan taman modern seperti Taman Wakuncar,” kata Dedi Mulyadi.

Air Mancur Taman Sri Baduga dipercantik dengan pencahayaan dengan mengandalkan lima warna dominan, biru, merah, kuning, hijau, dan ungu. Warna ini menggambarkan keragaman suku, ras, agama, dan budaya yang dibingkai dalam Bhinneka Tunggal Ika dan falsafah Pancasila.

“Selain itu di tengah air mancur dibuat 1.000 patung di antara patung badak  untuk menceritakan di Situ Buleud ini dahulu konon sering jadi tempat berendam badak,” kata Dedi seperti dikutip siaran pers.

Disebut sebagai air mancur terbesar di Asia Tenggara. (Foto: Kemenpar)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengapresiasi usaha Pemerintah Kabupaten Purwakarta meningkatkan daya tarik pariwisata dengan membuat Air Mancur Taman Sri Baduga sebagai atraksi menarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Tekad Pemkab Purwakarta meningkatkan unsur 3 A, Atraksi, Amenities, dan Aksesibilitas akan membuahkan hasil dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke daerah ini,” ujarnya.

Kunjungan wisatawan ke Purwakarta per November 2016 sebanyak 903.885 orang, 1.280 di antaranya wisatawan mancanegara. Ini naik dari tahun-tahun sebelumnya.

Dedi Mulyana mengatakan, Purwakarta yang relatif dekat dengan Jakarta dan Bandung mempunyai peluang besar untuk menarik lebih banyak lagi kunjungan wisawatan mancanegara dan nusantara.

“Dengan diresmikan Air Mancur Taman Sri Baduga diharapkan Menteri Pariwisata dapat membantu mempromosikan Kabupaten Purwakarta sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi,” katanya. (Syof/JurnalisTravel.com)