Ketika Offroader Sanggau Menelusuri Jejak Sejarah

Para offroader menjajal jalan berlumpur. (Foto: Harmiati)

Oleh: Harmiati

Offroader Kalimantan Barat tak ketinggalan mendukung promosi wisata budaya di Kabupaten Sanggau, 12 Desember 2016. Kali ini sasaran mereka yang membawa lebih 10 jeep adalah kabupaten yang dikenal dengan sebutan “Bumi Daranante” yang kaya akan objek bersejarah.

Menyeberangi anak sungai Kapuas, melewati jembatan di lingkungan Doku’, merupakan perjalanan yang menyenangkan bagi para offroader.

Para offroader berfoto di jembatan. (Foto: Harmiati)

Masjid Jami’ Sanggau yang terletak di Jalan Pangeran Mas 21, Kantu’ mereka kunjungi. Masjid tersebut dibangun pada masa pemerintahan Sulthan Ayyub.

Kemudian melanjutkan perjalanan ke Keraton Surya Negara. Ini juga salah satu peninggalan era Kolonial Belanda. Keraton tersebut bukti sejarah bahwa Kabupaten Sanggau pernah memiliki pemerintahan kerajaan. Peninggalan Kerajaan Surya Negara adalah meriam.

Melihat peninggalan Keraton Surya Negara. (Foto: Harmiati)

Meriam berkepala naga tersebut, dulu diunakan untuk berperang melawan penjajahan Belanda.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Batusampai. Ini sebuah batu besar alami yang terbentuk oleh alam dan mempunyai nilai sejarah yang cukup panjang.

Kemudian para offroader melakukan unjuk keahlian membawa mobil Jeep di lokasi tanah licin dan berlumpur di Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau. (Harmiati tinggal di Sanggau, Kalimantan Barat)